Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posisi Parabola Yang Benar Saat Pointing

Tidak jarang banyak pemula yang baru belajar pointing arah parabola tidak berhasil mendapatkan sinyal satelit yang dituju karena tidak memperhatikan posisi pemasangan parabola yang benar. Meskipun terlihat mudah, cara mengarahkan parabola ke arah satelit yang dituju membutuhkan settingan yang benar. Jika tidak, anda akan mengalami kesulitan dalam menangkap sinyal.

Terdapat 3 posisi sudut arah parabola yang harus anda perhatikan saat memasang parabola agar anda bisa dengan mudah mengarahkan parabola ke sudut kemiringan yang tepat. Ketiga posisi sudut parabola tersebut adalah :

  1. Sudut azimuth
  2. Sudut inklinasi
  3. Sudut elevasi
Di artikel ini saya akan teknik pemasangan parabola yang benar agar anda bisa pointing arah parabola dengan benar.
posisi parabola yang benar

Posisi sudut dish parabola yang benar

Seperti yang sudah disebutkan di awal, ketika melakukan pemasangan parabola kita harus mengatur sudut dish parabola dengan tepat agar bisa menangkap sinyal dari satelit. Mounting dish parabola sudah menyediakan mekanisme pengaturan sudut ini. 

Sudut azimuth

Secara mudahnya, sudut azimuth ini merupakan posisi dish  parabola terhadap arah barat. patokan sudut azimuth adalah arah barat yang tepat. Anda harus mengarahkan dish parabola tepat ke arah barat. Ini harus anda perhatikan ketika memasang parabola pada mounting dish.

Apalagi jika anda akan memasang parabola jaring yang menggunakan sistem penggerak motor. Dimana nantinya diharapkan bisa menangkap sinyal satelit mulai dari barat sampai ke timur. Dengan menghadapkan parabola tepat ke arah barat, pergerakan dish parabola dari barat ke timur untuk menangkap sinyal satelit akan mudah dilakukan. 

Anda bisa gunakan kompas untuk mencari sudut arah barat yang tepat. Atau anda juga bisa memakai aplikasi untuk menentukan arah agar dish parabola bisa menghadap tepat ke barat.

Sudut inklinasi

Sudut inklinasi adalah sudut kemiringan dish parabola terhadap garis khatulistiwa. Kita tahu, posisi satelit secara umum diletakkan sejajar di atas khatulistiwa. Sehingga bagi daerah yang letaknya berada di luar garis khatulistiwa harus mengarahkan sedikit dish parabola agar mengarah ke khatulistiwa.

Jadi bagi anda yang letaknya berada di selatan khatulistiwa, maka harus mengarahkan sedikit dish parabola miring ke utara. Sebaliknya jika posisi daerah anda ada di sebelah utara khatulistiwa maka harus memiringkan sedikit dish parabola ke selatan. Karena itu saya sering menyebut sudut ini dengan istilah kemiringan dish utara selatan.

posisi parabola yang benar

Sudut elevasi

Sudut elevasi ini biasa kita sebut dengan sudut kemiringan dish parabola. Sudut kemiringan parabola ini bergantung pada posisi satelit yang akan dituju. Sebagai patokan ketika mencari sudut elevasi yang tepat saya akan menghadapkan dish parabola ke atas / tengadah. Selanjutnya saya akan putar / gerakkan dish miring ke barat atau ke timur sesuai dengan posisi satelit yang akan dituju.

Perlu anda tahu, untuk posisi kita di Indonesia, semakin kecil garis bujur satelit yang dituju maka kemiringan dish parabola akan semakin condong ke barat. Sementara makin besar garis bujur satelit yang dituju, maka kemiringan dish akan semakin ke arah timur.

Biasanya pengaturan sudut eleasi ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan saat pointing setelah sudut azimuth dan inklinasi sudah diatur dengan benar.

Cara memasang antena parabola yang baik dan benar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda memasang parabola :
  • Posisi tiang parabola harus tegak lurus 90° terhadap garis horisontal. Posisi tiang yang miring akan menyulitkan ketika mengarahkan posisi dish parabola terhadap satelit yang diinginkan.
  • Pemasangan tiang harus kokoh terutama untuk parabola dish besar. Perubahan arah dish antena parabola sedikit saja bisa mengakibatkan parabola kehilangan sinyal.
  • Letakkan parabola di area yang lapang dan mudah terjangkau. Pastikan daerah sekitar pemasangan parabola harus jauh dari penghalang seperti pohon dan bangunan. Posisi parabola pun harus mudah dijangkau agar kita tidak kesulitan ketika mengarahkan parabola / pointing.
  • Pastikan pemasangan lnb dilakukan dengan benar. Untuk lnb jenis c band, sudut 0 lnb harus berada tepat ke arah barat. Sementara untuk cara pasang lnb parabola ku band bisa berpatokan pada konektornya. Arahkan konektor lnb ke arah utara atau barat.

Cara mengarahkan parabola

  1. Pastikan tiang antena parabola sudah terpasang tegak lurus.
  2. Atur sudut azimuth tepat ke arah barat.
  3. Atur sudut inklinasi sesuai lokasi anda.
  4. Setting pengaturan antena di receiver sesuai dengan satelit yang akan dituju.
  5. Hadapkan dulu  dish keatas / tengadahkan.
  6. Gerakkan dish secara perlahan sesuai posisi satelit yang dituju. Misalnya akan mencari satelit telkom 4, maka gerakkan dish dengan sangat perlahan ke arah barat sampai di dapat sinyal dari telkom 4.
  7. Jika sudah berhasil mendapatkan sinyal satelit yang diinginkan, maksimalkan kualitas sinyal agar sinyal lebih stabil.

Demikian cara mencari posisi parabola yang benar untuk mendapatkan sinyal satelit yang diinginkan. Cukup mudah kalau kita sudah terbiasa dengan aktivitas tracking satelit parabola.

Posting Komentar untuk "Posisi Parabola Yang Benar Saat Pointing"