Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Memperbaiki Tv Polytron U Slim Hidup Sebentar Mati Lagi

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika memperbaiki kerusakan tv Polytron U Slim yang bisa hidup sebentar kemudian mati lagi. Tipe tv Polytron yang saya garap adalah U Slim PS 30UV22A. Tipe ini termasuk jenis yang banyak digunakan oleh penggemar tv Polytron.

Ketika sampai di tangan saya, gejala kerusakannya adalah ketika tombol power On dinyalakan / ditekan, tv mau  menyala selama beberapa detik saja kemudian mati lagi dan gambar menjadi gelap. Sementara lampu led indikator yang ada di bagian depan tv masih bisa menyala merah.

Begitu  juga saat ditekan tombol program pada panel depan tv, tv polytron ini mau menyala sebentar dan sekilas memperlihatkan ada garis mendatar tipis. Selanjutnya tidak berapa lama mati lagi.

Tv polytron hidup sebentar mati lagi

Pemeriksaan Awal

Tipe tv polytron ps 30uv22a yang saya perbaiki ini menggunakan tr regulator jenis fet 7N65C yang berfungsi sebagai switch regulator. Di bagian vertika menggunakan IC LA78141 dan pada bagian horisontalnya menggunakan transistor final tr D 2646 .

Langsung saja saya buka casing tv untuk melihat isi bagian dalam rangkaian polytron slim ini. Hal pertama yang saya lakukan adalah melihat lihat seluruh kondisi solderan pada pcb untuk mencari apakah ada bagian yang retak atau goyang. Saya cabut dan coba membersihkan pcb rangkaian tv polytron kemudian mengecek tiap bagian dengan teliti .

Agar lebih jelas saya pakai alat bantu berupa lensa pembesar sehingga jika ada retak atau jalur pcb yang putus bisa terlihat dengan baik. Setelah saya amati ternyata semua komponen dan solderan pada rangkaian masih terpatri dengan kuat. 

Ternyata kualitas tv polytron type U Slim PS 30UV22A ini  cukup baik solderannya sehingga masih terlihat bagus. Meskipun ada sih b beberapa bagian pada pcb yang agak  sedikit retak, namun itupun tidak terlalu parah.

Agar lebih meyakinkan saya coba lakukan solder ulang pada baian bagian yang terlihat sudah rapuh atau tipis solderannya. Namun sebelum itu, saya amati dulu semua komponen pada pcb rangkaian tv polytron ini untuk melihat apakah ada komponen yang gosong atau terbakar. Terutama elko yang biasanya cepat rusak yang ditandai dengan bentuk yang menggembung.

Setelah yakin tidak ada komponen yang terlihat mencurigakan, langsung saya solder ulang di beberapa bagian vital yang selalu menerima panas tinggi. Seperti pada bagian vertikal, regulator dan horisontal. Kemudian saya coba hidupkan lagi tv polytron ini, dan ternyata hasilnya tetap blank. Tv polytron hanya bisa hidup sebentar lalu mati lagi. Ini sih masih sama gejalanya. Berarti kasus belum terselesaikan.

Memeriksa Tegangan

Pemeriksaan tv saya lanjutkan lagi dengan lebih dulu menyalakan sebatang rokok agar lebih santai. Kini saatnya saya harus menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan yang ada pada rangkaian. Terutama tegangan yang penting, yaitu tegangan B+ 115V, 5V ic program dan tegangan regulator saat standby.

Sebenarnya saya sudah ada dugaan kalau kerusakan ini terjadi akibat sistem protek pada tv bekerja. Dan biasanya jika sistem protek tv polytron bekerja berarti ada kerusakan pada sirkuit vertikalnya.

Oke, saya fokuskan pemeriksaan pada bagian vertikal. Pada bagian sirkuit vertikal ini terlihat warna pcb sudah berubah menjadi agak kehitaman. Kondisi ini menandakan bahwa area ini sering menerima panas yang lumayan tinggi.

Saya coba lakukan pergantian beberapa elco yang ada pada sirkuit vertikal. Elco 1uf/ 50v untuk kopel tegangan ke protek saya ganti dengan yang baru. Kemudian elco 50v/100uf untuk filter tegangan pump up saya cabut dan ganti dengan yang baru juga. Berlanjut dua elco pada sistem kompresi sirkuit vertikal 250v/4,7uf output yang dari pin out 12v /12v- pada flyback.

Setelah selesai melakukan pergantian beberapa elco pada sirkuit vertikal, saya coba tes lagi tv dinyalakan. Dan ternyata, masih saja gagal start. Tv polytron ini cuma bisa hidup sebentar dan mati lagi. Hanya saja tampilan garis mendatar saat tv menyala sebentar sudah tidak terlihat lagi.

Biasanya kalau tv polytron protek bisa diatasi dengan melakukan pergantian elco saja sudah sehat kembali.Namun rupanya untuk kasus ini ada penyebab lain yang menjadi sumber masalahnya.

Jika sudah begini, saya harus memeriksa bagian lain yang dicurigai menjadi penyebab tv polytron protek. Saya coba telusuri dan cek tegangan pada beberapa bagian rangkaian ketika tombol power saya tekan. Ini dilakukan untuk melihat apakah terjadi penurunan tegangan dari yang seharusnya.

Dan benar saja, setelah saya cek satu persatu ditemukan penurunan pada tegangan 180 volt untuk video amp yang terukur cuma terukur 160 volt. Untuk meyakinkan saya coba hidupkan lagi tv sambil tetap mengukur titik tegangan 180 volt ini beberapa kali. Rupanya inilah yang menjadi penyebab tv polytron u slim ini gagal start.

Langsung saja saya ganti elco filter 10uf/250V yang ada di pcb matrix rgb dengan yang baru. Kemungkinan kapasitas elco ini sudah jauh berkurang sehingga tidak mampu menyediakan kebutuhan tegangan untuk matrix rgb. 

Setelah beres melakukan pergantian, saya coba nyalakan lagi tv pakai remote. Dan hasilnya cling.. tv mau menyala. Saya coba tunggu beberapa menit, tv tetap bisa menyala dengan normal dan tidak mati  lagi.

Kesimpulan

Dari pengalaman service tv polytron jenis u slim ini dengan gejala kerusakan gagal start atau tidak mau menyala, ternyata penyebabnya bukan pada sirkuit vertikal. Jadi jika tv polytron protek buka berarti pasti terjadi kerusakan pada sirkuit vertikalnya. Namun bisa karena ada penyebab lain. Dalam kasus ini ternyata masalahnya pada elco di rangkaian rgb matrix.

Itulah pengalaman saya ketika memperbaiki tv polytron yang bisa hidup kemudian mati lagi. Semoga bisa menjadi bahan referensi buat kawan kawan teknisi lainnya.

1 komentar untuk "Pengalaman Memperbaiki Tv Polytron U Slim Hidup Sebentar Mati Lagi"

  1. Mantap sukses dan cling tidak banyak memakan waktu dan tenaga dan bisa lagi ngerjakan antrian tv lain yang masih nunggu he he

    BalasHapus