Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Lho, Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri

 Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tv Polytron mati sendiri. Untuk memperkirakan bagian mana yang mengalami kerusakan, dapat dilakukan dengan melihat gejala kerusakan pada tv. Karena umumnya setiap kerusakan pada bagian / blok rangkaian tv akan menghasilkan gejala yang khas.

Bagi anda yang masih awam dalam dunia elektronika perbaikan tv mungkin akan sedikit bingung karena sudah berhubungan dengan istilah teknis pada elektronika. Karena itu jika tv Polytron anda mengalami kerusakan, lebih baik diserahkan kepada teknisi yang sudah terbiasa memperbaiki peralatan elektronika.

Namun bagi anda sesama teknisi atau yang sedang belajar memperbaiki televisi khususnya Polytron, artikel mungkin bisa membantu anda.

Analisa Penyebab Tv Polytron mati sendiri

Regulator tidak bekerja

Regulator merupakan sirkuit utama untuk memberikan tegangan listrik ke sirkuit / blok rangkaian televisi. Jika sirkuit ini tidak bekerja, maka secara otomatis tv Polytron tidak akan bisa menyala. Kerusakan pada regulator dapat terjadi ketika tv sedang ditonton yang mengakibatkan tv bisa tiba tiba mati tidak ada gambar.

Ciri regulator tv Polytron mati bisa dilihat dari lampu indikator yang ada di depan tv mati. Yang menandakan tidak adanya aliran tegangan pada sirkuit regulator. Penyebabnya bisa banyak karena regulator tv Polytron tersusun dari banyak komponen. Sehingga kita  harus memeriksanya satu persatu.

Pemeriksaan dapat dilakukan mulai dari kabel ac dan saklar utama untuk memastikan aliran listrik rumah sudah tersalurkan ke regulator. Dilanjutkan dengan mengukur tegangan pada elko besar 450V yang ada di bagian primer regulator. Lihat apakah ada tegangan 300V atau tidak. Pastikan di elko besar ini terdapat tegangan. Jika tidak ada, periksa bagian primer regulator sebelum elko ini.

Bila di elko besar sudah ada tegangan, coba ganti fet / transistor regulator. Periksa juga transistor driver regulator untuk memastikan kondisinya masih dalam keadaan baik.

penyebab tv polytron tiba tiba mati

Horizontal mati

Bagian horizontal tv berfungsi untuk membangkitkan pulsa defleksi horizontal. Selain itu bagian ini juga menghasilkan tegangan tinggi untuk tabung tv. Jika sirkuit horizontal tidak bekerja maka bisa dipastikan tv polytron tiba tiba mati sendiri.

Biasanya ketika horizontal mati tidak akan mempengaruhi kerja regulator. Sehingga lampu indikator pada tv masih dapat menyala. Kita bisa menjadikan lampu indikator ini sebagai tanda. Jika lampu indikator masih bisa menyala, sementara tv tidak dapat dinyalakan atau gagal start, ada kemungkinan sirkuit horizontal mati.

Komponen pada sirkuit horizontal polytron yang sering mengalami kerusakan adalah transistor final. Karena komponen ini bekerja dengan sangat intens dan suhu yang panas sehingga mudah mengalami kerusakan.

Sirkuit vertikal mati

Sirkuit vertikal tv polytron juga bisa menjadi penyebab tiba tiba tv mati sendiri. Tanda kerusakan pada bagian ini adalah saat tv di start menggunakan remote, ada terdengar suara flyback nyembur. Namun tv tidak mau menyala alias gagal start.

Jika tandanya seperti ini kemungkinan sirkuit vertikal tidak bekerja sehingga tv polytron protek. Sistem protek ini melindungi rangkaian dari kerusakan yang lebih parah. Karena itu jika sistem protek aktif maka tv dicegah untuk bisa start oleh sistem protek.

Sirkuit protek pada tv polytron akan bekerja /aktif ketika terjadi masalah pada bagian vertikal. Jadi kita harus memeriksa bagian vertikal untuk mencari penyebab kerusakannya. Penyebabnya bisa jadi ic vertikal yang short atau terbakar.

Itulah beberapa faktor yang memungkinkan menjadi penyebab tv polytron tiba tiba mati sendiri. Baik ketika sedang ditonton maupun saat akan dinyalakan. Bisa saja penyebab kerusakan karena komponen / bagian lain. Namun menurut pengalaman ketiga bagian tersebut yang sering bermasalah dan menyebabkan tv mati mendadak.




Posting Komentar untuk "Ini Lho, Penyebab Tv Polytron Mati Sendiri"