Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki Warna Tv Sharp

 Selain kendala kerusakan tv tidak ada gambar tv Sharp atau merk lainnya sering juga mengalami kerusakan kehilangan salah satu warna sehingga warna lain akan terlihat lebih dominan. Penyebab kerusakan warna pada tv sharp atau merk lainnya lebih sering disebabkan oleh bagian rangkaioan rgb yang tidak bekerja dengan normal.

Penyebab kerusakannya bisa karena ada komponen yang sudah mati atau tidak jarang ditemukan adanya solderan kaki komponen yang retak atau sudah longgar. Sebelum Bergerak memeriksa komponen bagian dalam tv baiknya kita memeriksa dulu kondisi tv yang mengalami kerusakan warna tersebut.

Cara memperbaiki warna tv sharp yang dominan hijau

Karena bisa jadi peyebab kerusakan warna pada tv dikarenakan memang kondisitv yang sudah tua. Sehingga kemungkinan besar kondisi tabung tv yang sudah harus diganti.

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Warna TV

Analisa dan perbaikan yang akan kita lakukan terhadap gejala kerusakan warna pada tv bukan hanya khusus pada tv Sharp saja, namun dapat juga diterapkan pada tv merk lain termasuk tv Cina. Karena banyak penyebab yang mengakibatkan tv dominan warna tertentu, maka kita tidak bisa menyamakan semua tv dengan gejala kerusakan yang sama akibat adanya kerusakan komponen yang sama pula.

Kita perlu menelusuri tiap bagain yang berhubungan dengan sistem pengolahan warna pada televisi. Sehingga ditemukan penyebab masalahnya.

Transistor RGB Mati

Sirkuit rgb merupakan rangkaian terakhir yang mengolah sinyal warna gambar sebelum diumpankan ke tabung lewat terminal katoda. Umumnya sistem penguat akhir yang dipakai pada rgb menggunakan transistor sebagai komponen penguatnya. Meskipun ada juga beberapa tv yang mengguanakn IC sebagai komponen penguat sinyal warna gambar.

Jika transistor rgb ada yang mati maka warna gambar pada layar tv menjadi hilang. Warna yang hilang tersebut tergantung dari transistor penguat untuk warna apa yang mati. Bila transistor penguat sinyak waran hijau yangmati misalnya, maka sudah bisa dipastikan warna hiajau akan hilang pada layar tv.

Coba lakukan pengukuran pada masing masing terminal katoda tabung untuk mengetahui besar tegangan dari masing masing katoda. Pada kondisi normal besar tegangan pada ketiga terminal katoda (KR, KG, KB) akan terukur sama. Namun jika terdapat salah satu terminal katoda yang memiliki tegangan lebih besar, maka  blok penguat tegangan katoda tersebut mengamali kendala. 

Pada mesin tv Cina kerusakan rgb tidak jarang disebabkan karena adanya jalur pcb yang sudah gosong atau retak. Periksa tiap jalur pcb pada blok rangkaian rgb untuk menemukan keretakan jalur. Cek juga kondisi solderan terminal transistor. Bila perlu lakukan penyolderan ulang untuk memastikan hubungan terminal kmoponen dengan pcb terikat kuat.

Blok rangkaian rgb tv

Jika sudah dipastikan rangkaian rgb masih dalam kondisi normal, namun gambar belum terlihat baik. Periksa input blok rgb untuk mengetahui besar tegangan inputnya. Pada keadaan tv normal, tegangan ketiga input rgb akan terukur sama besarnya, sekitar 1 sampai 3 Volt. 

Kerusakan Pada IC Chroma

Bila salah satu input rgb tidak terdapat tegangan ketika diukur, maka kerusakan terjadi bukan pada bagian rgbnya. Masalah bisa terjadi pasda bagian chroma pengolah warna. Bagian ini berada di dalam IC chroma menyatu dengan beberapa blok rangkaian lainnya.

Sebelum memvonis kerusakan IC chroma, lebih dulu kita periksa resistor pembatas arus dan dioda zener yang ada pada jalur sinyal inpiut untuk rgb. Dioda atau resistor ini sering ditemukan rusak sehingga mengakibatkan warna pada tv hilang khusunyan pada tv Sharp.

Bila setelah diperiksa ternyata masih dalam keadaan normal, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada IC chroma. Mau tidak mau kita harus melepas dan memasang IC chroma yang sejenis untuk memastikan penyebab kerusakannya.

Soket Tabung Karat

Penulis pernah mengalami kerusakan tv dengan warna yang hilang akibat kondisi soket tabung yang karat. Sehingga tegangan dari rgb tidak maksimal diterima oleh terminal tabing. Untuk memperbaiki soket kita harus melepas dan menggantinya dengan soket yang baru.

Bukan hanya dapat menyebabkan warna tv hilang, kerusakan soket tabung juga bisa membuat gambar pada tv menjadi tidak fokus dan mencul gosing warna pada beberapa tempat.

Kondisi Tabung Sudah Tua

Kondisi tabung yang sudah tua sering menyebabkan warna hilang pada tampolan gambar tv. Gejalanya daapat berupa warna tertentu lebih dominan terhadap yang lainnya. Sehingga tampilan gambar tv terlihat aneh.

Untuk memmeriksa dan memperbaiki tabung dapat digunakan alat tembak tabung yang bisa dibuat sendiri. Melihat kondisi warna tabung juga bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Lepas hubungan terminal katoda tabung dengan pcb
  • Guanakan multimeter dan atur pada mode pengukuran tegangan dc 250V
  • Tempelkan probe hitam multimeter pada jalur ground.
  • Sentuhkan probe merah multimeter pada masing masing katoda.
  • Saat probe merah disentuhkan akan nampak layar menghasilkan warna sesuai terminal katoda yang disentuh.
  • Jika tampilan warna pada layar ada yang redup berarti katoda tabung tersebut sudah lemah emisinya.  
Lakukan flash / tembak tabung untuk mengangkat kembali warna pada katoda tabung yang lemah. Hati hati dalam pengguanaan tembak tabung karena dapat meyebabkan kerusakan lebih parah pada tabung tv.

Posting Komentar untuk "Cara memperbaiki Warna Tv Sharp"