Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya

 Antena parabola merupakan satu set perangkat antena yang terdiri dari bagian bagian komponen yang saling mendukung. Masing masing bagian pada antena parabola mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda namun saling berkaitan. Jika salah satu komponen parabola ini tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan kerja parabola dalam menangkap sinyal satelit tidak maksimal.

Mengetahui dan memahami fungsi dari tiap bagian parabola akan berguna pada saat perbaikan parabola ketika terjadi kendala. Sehingga kita tidak usah memanggil teknisi parabola untuk mengatasinya. Cukup kita sendiri saja yang memperbaikinya bila telah memahami dari tiap komponen pendukung parabola.  

Fungsi Bagian Bagian Parabola


Bagian bagian parabola


Disk Parabola

Disk parabola / piringan parabola merupakan komponen terbesar dari parabola. Fungsi dari disk ini adalah untuk menerima dan memantulkan sinyal dari satelit ke arah lnb. Bentuknya yang berupa lingkaran dan cekung bagian dalam memungkinkan sinyal dapat dipantulkan menuju satu titik fokus tertentu.

Terdapat disk parabola dengan ukukran diameter bermacam macam yang dijual di pasaran. Mulai dari disk mini dengan ukuran diameter 60 cm hingga disk besar yang memiliki diameter mencapai 12 feet. Panjang diameter sebuah disk parabola menentukan besarnya ukuran disk dan kemampuannya dalam menerima sinyal parabola. Semakin besar ukuran disk maka dapat menangkap fekuensi sinyal satelit semakin banyak.

Disk parabola mini biasanya terbuat dari plat logam yang dibentuk lingkaran dengan cekungan ke dalam. Disk parabola mini sering digunakan untuk menangkap frekuensi satelit di jalur Ku band. Bentuknya yang kecil membuatnya praktis dan tidak membutuhkan temoat pemasangan yang luas.

Sementara disk parabola besar ada yangterbuat dari bahan plat logam yang biasa disebut dengan parabola disk solid dan ada pula yang terbuat dari anyaman kawat logam. Untuk parabola yang terbuat dari bahan plat logam memiliki kemampuan penangkapan sinyal satelit yang lebih baik dibandingkan parabola jaring kawat logam.

LNB Parabola

LNB atau Low Noise Block adalah komponen parabola yang berfungsi untuk menangkap sinyal satelit yang dipantulkan oleh disk dan mengolahnya sebelum disakurkan ke receiver. LNB parabola terdiri dari 3 jenis berbeda sesuai dengan jangkauan frekuensi yang mampu diterimanya :
  1. LNB KU band
  2. LNB C band
  3. LNB S band  
Ketiga jenis lnb tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda namun mempunyai fungsi yang sama. Di dalamnya terdapat sepasang antena kecil yang berguna untuk menangkap gelombang dan rangkaian elektronika untuk memperkuat dan mengolah gelombang frekuensi yang ditangkapnya.

Pada jenis lnb C band pada pemasangannya di disk parabola harus ditempatkan pada bracket scalar ring. Scalar ring ini berfungsi untuk meredam sinyal sinyal yang tidak dibutuhkan. Dalam satu disk parabola umumnya terdapat satu lnb, namun tidak sedikit pengguna tv parabola yang memasang lnb lebih dari satu pada satu disk. Ini bermaksud untuk menangkap sinyal dari satelit yang lebih banyak.

Mounting

Mounting parabola berfungsi sebagai tempat dudukan disk parabola. Pada mounting terdapat bagian bagian yang berfungsi untuk menyetel sudut kemiringan dan arah parabola. Penyetel sudut kemiringan dan arah parabola ini memungkinkan parabola dapat mengarah dengan tepat menghadap satelit yang dituju. Sehingga dapat menangkap frekuensi yang dipancarkan oleh satelit tersebut.

Tidak jarang terdapat pemasangan mounting parabola yang dilengkapi dengan motor penggerak parabola. Motor penggerak ini berguna untuk menggerakkan disk parabola sesuai arah / sudut yang diinginkan. Sehingga kita tidak susah susah harus menggerakkan parabola secara manual.

Tiang Parabola

Bagian ini berfungsi untuk menyangga disk parabola. pada jenis parabola C band yang memiliki ukuran besar, tiang parabola terbuat dari pipa logam bulat yang besar yang dapat menahan beban parabola yang berat. Sementara pada parabola mini ukuran tiang tidak terlalu panjang dan besar karena hanya digunakan untuk menyangga disk parabola yang kecil saja.

Ketika memasang tiang parabola harus diperhatikan agar dapat berdiri tegak lurus dan kuat. Sehingga dapat menanhan tiupan angin kencang.

Itulah beberapa bagian parabola yang penting untuk diketahui. Sementara bagian tambahan lainnya terdiri dari kabel antena, switch parabola dan receiver sebagai penerima sinyal parabola dari lnb.

Posting Komentar untuk "Bagian Bagian Parabola Dan Fungsinya"