Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TV LCD Samsung Mati total

 

LCD Samsung matui total

Tv LCD Samsung mati total umumnya ditandai dengan tidak menyalanya led indikator pada bagian depan tv sebelah bawah. Meskipun kabel AC sudah dicolokkan ke tegangan listrik PLN dan tombol power ditekan, tv tetap saja tidak mau menyala. Seharusnya pada saat kabel AC dihubugkan dengan sumber listrik lampu led menyala lebih dulu meskipun tombol power di remote atau pada panel tv belum ditekan.

Samsung merupakan salah satu produsen tv yang sudah dikenal cukup lama menghasilkan produk televisi yang memiliki kualitas gambar adem tidak terlalu menyilaukan mata. Maka tak heran tidak sedikit masyarakat yang memilih tv dari produk Samsung yang terkenal cukup awet.

Namun namanya juga barang elektronika, ada saatnya mengalami kendala saat pengoperasiannya. Salah satu kendalanya adalah tv LCD Samsung yang tiba tiba mati. Walaupun kita sudah merawat dan mengoperasikannya dengan benar.

Penyebab Dan Gejala TV LCD Samsung Mati

Penyebab tv Samsung yang mati total mendadak umumnya disebabkan karena dua faktor utama : akibat lonjakan listrik dan komponen yang sudah melebihi masa pakai. Lonjakan tegangan listrik yang menjadi penyebab kerusakan tv Samsung dapat disebabkan oleh sambaran petir dan aliran listrik rumah yang tidak stabil. Akibatnya kerja regulator sebagai penyuplai sumber tegangan tv terganggu kerjanya.

Selain faktor dari luar, faktor dari komponen elektronika pendukung rangkaian tv juga menjadi penyebab lain dari kerusakan tv yang mati total. Komponen yang sering mati biasanya transistor dan elko filter tegangan. Meskipun tidak jarang juga ditemui kerusakan pada komponen IC dan komponen pasif lainnya.

Gejala tv Samsung baik type layar LCD maupun LED yang mengalami kerusakan mati total ditandai dengan tidak ada respon dari tv sama sekali saat kabel AC dihubungkan ke listrik PLN. Lampu indikator pada panel depan tv tidak menyala. Ada juga yang menyala namun hanya berkedip kedip saja. Bahkan tidak jarang disertai bunyi tik tik yang berasal dari dalam rangkaian tv.

Tips Perbaikan

Sebelum melakukan perbaikan pada tv Samsung yang rusak, pastikan lebih dulu agar kabel colokan AC sudah dilepas dari jaringan listrik PLN. Selanjutnya buka rangka penutup layar panel dengan hati hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada layar.

Pastikan layar terlindungi dengan aman dari bahaya benturan dengan benda keras. Karena benturan ataupun tekanan yang keras dapat merusakkan layar. Karena seperti kita tahu komponen layar panel merupakan lapisan kaca tipis yang mudah rusak jika terkena benturan ataupun tekanan. Lakukan setiap langkah dengan hati hati.

Setelah bagian rangkaian mesin tv terbuka, periksa kondisi kable AC dan sekering untuk memastikan tidak terputus. Bila sekering dan kabel dalam keadaan baik, selanjutnya kita bisa memeriksa rangkaian regulator tv untuk mencari penyebab komponen yang rusak. 

Hubungkan kabel AC ke sumber tegangan listrik untuk memulai pemeriksaan aliran arus listrik pada regulator. Ukur arus listrik pada elko besar yang memfilter tegangan DC yang dihasilkan oleh penyearah dioda jembatan. Bila sudah ada tegangan DC sebesar lebih kurang 300 Volt, lanjut ke pemeriksaan komponen lainnya. 

Periksa tegangan pada sekunder trafo baik sebelum dan sesudah dioda penyearah tegangan rendah. Ukur sesuai dengan besar voltase yang standar. Jika ada salah satu tegangan sekunder trafo yang tidak keluar, biasanya terjadi kerusakan pada dioda penyearah atau elko filter nya yang sudah jebol. Elko yang jebol ditandai dengan kondisi bagian atasnya menggembung.

Bila pada bagian sekunder trafo tidak mengeluarkan tegangan sama sekali, berarti terjadi kerusakan pada bagian primer trafo di sirkuit pembangkit pulsa pada regulator. Periksa tiap komponen yang menyuplai tegangan pada IC osilator regulator. Lihat juga kondisi IC apakah masih berfungsi dengan baik. Kondisi IC yang sudah rusak biasanya ditandai dengan tegangan penyuplai UC yang drop.

Terakhir periksa juga transistor final atau Fet penguat akhir regulator yang sering mengalami kerusakan. Kerusakan pada transistor final umumnya terlihat dari kondisi fisik transistor yang gosong atau berlubang.

Kesimpulan

Penyebab tv LCD Samsung yang mati total umumnya terjadi karena tidak berfungsinya regulator tegangan tv. Regulator merupakan rangkaiam utama yang menghasilkan tegangan beberapa level berbeda untuk kebutuhan rangkaian MPEG tv dan inverter. Sehingga rusaknya regulator ini bisa mengakibatkan tv tidak bekerja sama sekali karena kehilangan sumber tegangan. 

Posting Komentar untuk "TV LCD Samsung Mati total "