Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki TV Led LG Tidak Ada Gambar

 Tv led LG tidak ada gambar sering kali dialami oleh beberapa pemilik tv led dengan ukuran 21 inch keatas. Secara umum banyak penyebab yang membuat gambar hilang dari layar. Sehingga layar hanya menampilkan blank hitam saja.

Pada umumnya jenis tv led terdiri dari empat blok rangkaian yang memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Kempat bagian rangkaian tersebut bekerja saling mendukung untuk mengolah gambar dan suara digital yang ditangkap oleh tv dan menampilkannya ke layar monitor. Jika satu bagian rangkaian saja tidak bekerja maka akan meyebabkan tv tidak berfungsi dengan normal. Salah satu gejala yang timbul adalah tidak ada gambar.

Keempat blok rangkaian tv led secara umum adalah :

  1. Motherboard
  2. Power Supply
  3. Inverter
  4. TCon
TV LG tidak ada gambar

Kerusakan Tv LG Tidak Ada Gambar

Jenis kerusakan dimana tv tidak ada gambar sebenarnya bukan hanya bisa dialami oleh tv LG saja, bahkan merk tv led lain pun bisa mengalaminya. Penyebabnya pun tidak selalu karena blok rangkaian tertentu saja, namun bisa yang lainnya.

Berikut ini beberapa peyebab kerusakan tv lg yang tidak mau mengeluarkan gambar :

Blok Rangkaian TCon Tidak Bekerja

Blok rangkain Tcon berfungsi untuk  menerima sinyal digital dari motherboard untuk kemudan mengolahnya dan menampilkannya melalui panel layar monitor tv. Kerusalan pada bagian ini dapat menyebabkan gambar pada panel layar tidak tampil karena tidak dipicu oleh Tcon.

Penyebab TCon tidak berfungsi bisa karena ada komponen yang rusak terutama IC TCon sehingga rangkaian tidak bekerja. Paling ringan kerusakan terjadi pada komponen resistor yang sudah melar nilainya sehingga menimbulkan hambatan yang tinggi.

Sebelum melakukan perbaikan komponen pada blok rangkaian TCon, lebih baik ukur dulu tegangan supplai untuk TCon. Karena pada beberapa kasus, TCon tidak bekerja karena terputusnya tegangan supplai. Pastikan tegangan supplai untuk rangkaian Tcon sudah ada dengan besaran yang normal. Artinya tidak drop. Tegangan supplai yang drop menandakan ada komponen yang jebol sehingga terjadi hubungan singkat sedikit yang menyebabkan supplai tegangan menurun.

Kabel LVDS TCon Tidak Terhubung

Fungsi kabel LVDS adalah untuk menghubungkan motehrboard dengan blok rangkaian TCon. Karena pemakaian yang cukup lama kadang bisa memnimbulkan korosi pada konektor kabel. Korosi tersebut membuat sambungan antara dua blok rangkaian tersebut tidak maksimal atau bahkan terputus pada beberapa sambungan.

Periksa konektor kabel LVDS untuk memastikan hubungan antara motherboard dan TCon terkait dengan kuat. Agar lebih yakin cobalah untuk melakuka pengetesan sambungan antara TCon dan motherboar dengan multimeter, sehingga bisa diketahui jika ada sambungan yang tidak terkait dengan benar.

Power Supplai Tidak Keluar Tegangan

Tegangan untuk TCon umumnya didapat dari blok rangkaian power supplai dengan besar tegangan tertentu. Tegangan yang dihasilkan oleh power supplai terdiri dari beberapa level tegangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan daya tiap rangkaian. Pada beberapa kasus kadang ditemukan tegangan untuk rangkaian Tcon tidak keluar. Sehingga rangakaian tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Ukur semua tegangan yang dikeluarkan oleh power supplai terutama yang mencatu TCon. Pastikan besar tegangan yang keluar sesuai dengan yang seharusnya. Jangan sampai ada tegangan yang drop apalagi tidak keluar karena sudah pasti dapat menyebabkan tv tidak berfungsi dengan baik.

Lampu Backlight Tidak Menyala 

Lampu backlight berguna untuk memberikan cahaya latar di belakang panel utama monitor sehingga gambar pada panel dapat terlihat. Kerusakan pada lampu backlight yang tida menyala dapat menyebabkan tv LG tidak ada gambar. Sekilas layar monitor blank hitam saja tidak tampak ada cahaya.

Sebenarnya kerusakan yang terjadi pada lampu backlight dapat dilihat dengan cara menyorot panel layar menggunakan cahaya, maka meskipun samar kita akan melihat ada gambar pada panel. Matinya lampu backlight hanya menyebabkan panel layar tidak menyala terang saja, namun sebenarnya gambar masih tetap bisa diproduksi oleh panel. Hanya saja idak akan terlihat karena tidak diterangi oleh lampu backlight.

Penyebab kerusakan lampu backlight dapat terjadi karena satu atau beberapa lampu telah mati. Lampu led pada backlight terhubung secara seri, sehingga jika salah satu lampu mati maka akan menyebabkan semua lampu pada rangkaian backlight tidak menyala.

Lakukan pengukuran tiap lampu untuk mencari lampu mana yang telah mati. Namun sebelum itu lakukan pengukuran tegangan supplai yang mencatu rangkaian lampu backlight untuk mengetahui apakah ada tegangan atau tidak.

Lampu backlight yang tidak menyala semua juga sering disebabkan oleh tidak adanya tegangan untuk rangkaian lampu yang dikeluarkan oleh rangkaian inverter. Karena itu kita perlu juga memeriksa rangkaian inverter apakah sudah bekerja dengan normal atau belum. Jika inverter tidak mengeluarkan tegangan sudah dipastikan blok rangakaian inverter tersebut rusak sehingga perlu dicari penyebab kerusakannya.

Software Error

Meskipun jarang terjadi, kadang kerusakan tv LG yang tidak ada gambar bisa disebabkan oleh software yang error. Jika sudah memastikan hardware rangkaian tv dalam keadaan baik, namun kerusakan masih belum teratasi bisa dilakukan perbaikan pada softwarenya. Caranya adalah dengan melakukan flash atau menginstal ulang software dengan type dan seri yang sejenis.

Jangan sembarangan menginstal software yang tidak sesuai dengan jenis tv yang akan diflash karena bisa mengalami kegagalan fungsi. Instal software yang sesuai dengan mendownloadnya di web resmi produsen tv yang mengeluarkannya.

Kesimpulan

Secara umum berdasarkan pengalaman, kerusakan tv yang tidak ada gambarnya disebabkan oleh matinya lampu backlight. Karena itu dengan mengganti lampu backlight yang sudah mati biasanya kerusakan sudah dapat tertangani. Meskipun tidak jarang juga kerusakan terjadi akibat TCon yang tidak bekerja.

Sebelum memeriksa tiap komponen tv yang rusak menggunakan multimeter, baiknya lebih dulu melakukan pemeriksaan secara penglihatan. Perhatikan tiap sambungan antar blok rangkaian untuk memastikan terkait dengan benar dan kuat. Karena akada kerusakan dapat terjadi karena hal yang sepele, seperti sambungan yang tidak terpasang dengan benar.

Perhatikan pula solderan pada tiap blok rangkaian, terutama pada bagaian power supplai yang mengalami panas. Pastikan solderan kaki kaki komponen dan soket masih dalam kondisi kuat dan bagus. Selain itu, periksa jalur tegangan untuk tiap rangkaian untuk memastikan tegangan dapat tersalurkan dengan baik.

Posting Komentar untuk "Memperbaiki TV Led LG Tidak Ada Gambar"