Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Tombol Remote Pada Televisi

 Fungsi tombol remote pada tv berwarna yang perlu diketahui - Saat ini setiap televisi telah dilengkapi dengan remote control yang berfungsi untuk mengoperasikan tv dari jarak jauh. Sehingga setiap fitur dan menu yang ada pada televisi dapat dikendalikan dengan hanya menekan tombol tombol tertentu pada remote.

Fungsi tombol remote tv

Bentuk dan jumlah tombol yang ada pada setiap remote dengan merk tv yang berbeda tidak selalu sama tergantung dari fitur yang ada pada tv tersebut. Ada yang hanya dilengkapi dengan beberapa fungsi tombol saja, namun ada juga yang terdiri dari banyak tombol dengan fungsi masing masing.

Berikut ini adalah penjelasan dari masing masing fungsi tombol yang ada pada remote control televisi.

Fungsi Tombol Yang Ada Pada Remote Televisi

Perlu diperhatikan bahwa mungkin saja nama tombol dari tiap remote dengan merk tv yang berbeda tidak sama, namun secara fungsi dan kegunaan bisa sama saja.
  • Volume + dan - .Berfungsi untuk mengatur level suara televisi
  • Up dan Down. Untuk mengubah channel siaran televisi
  • Osd / call. Untuk memunculkan informasi nomor channel. Tekan tombol untuk memunculkan informasi nomor cahannel yang sedang ditonton. Tekan kembali untuk menghilangkannya atau biarkan saja karena akan hilang dengan sendirinya.
  • Mute. Berfungsi untuk mematikan suara televisi. Tekan kembali untuk mengaktifkan kembali suara tv.
  • Channel Skip. Berguna untuk melewati siaran tv yang tidak ingin ditampilkan. Fungsi ini berguna untuk membatasi akses anak anak terhadap channel tv yang tidak layak.
  • Off Timer / Sleep. Untuk mematikan televisi secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. biasanya waktu tenggang sebelum tv mati otomatis memiliki kelipatan 30 menit. Artinya jika kita mengaktifkan tombol sleep dengan waktu tenggang 30 menit maka 30 menit setelah tombol diaktifkan tv akan mati secara otomatis.
  • On Timer. Kebalikan dari sleep, fungsi ini berguna untuk menghidupkan tv secara otomatis setelah tenggang waktu yang ditentukan
  • Tombol Return / Callback. Berfungsi untuk mengubah siaran tv ke channel sebelumnya. Misalnya kita sedang melihat channel nomor 2 kemudian karena ada alasan tertentu pindah ke channel nomor 4 maka siaran tv akan berpindah menjadi channel nomor 4. Jika kita ingin kembali lagi ke channel sebelumnya (channel nomor 2) maka kita tinggal tekan saja tombol Return / Callback. Maka akan kembali ke  channel nomor 2.
  • Auto Shut Off. Berfungsi untuk mematikan tv secara otomatis saat siaran tv sudah habis.
  • Child Lock. Berguna untuk membatasi akse anak anak pada tv.
  • Color System. Untuk memilih sistem warna yang ingin digunakan.
  • Audio System. Memilih jenis sistem suara yang diinginkan.
  • VSM / PSM. Digunakan untuk mengatur pemilihan kecerahan warna gambar
Itulah beberapa fungsi tombol pada remote tv yang paling sering digunakan. Meski demikian sebenarnya ada beebrapa poduk televisi yang memiliki lebih banyak fitur dan fungsi pada produk televisi mereka. Sehingga jumlah tombolnya pun jauh lebih banyak dan lengkap. Namun secara umum beberapa tombol diatas ada pada setiap remote tv.

Posting Komentar untuk "Fungsi Tombol Remote Pada Televisi"