Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang LNB Parabola Sendiri

 Pada artikel ini saya akan memberikan penjelasan dan panduan tentang cara pasang lnb parabola sendiri baik jenis lnb Ku band maupun lnb C band. Kedua jenis lnb ini sangat berbeda dari bentuknya maupun jangkauan tangkapan frekuensinya. Kesalahan memasang lnb pada parabola dapat mengakibatkan kesulitan dalam menangkap sinyal satelit.

Meskipun tidak terlalu sulit, banyak pengguna tv satelit pemula yang tidak mengikuti cara pasang lnb yang benar sehingga sangat sulit ketika melakukan tracking atau pointing satelit. Hal ini terjadi karena sinyal parabola yang memililki polaritas sulit diterima dengan baik oleh antena kecil pada lnb.

Jenis jenis lnb parabola


Dengan membaca dan memahami artiiel ini kita akan paham cara memasang lnb parabola sehingga dapat melakukannya sendiri.

Fungsi Dan Jenis LNB Parabola

Sebelum melanjutkan ke tahap panduan memasang lnb yang benar, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dulu fugsi dan kegunaan lnb parabola sebagai salah satu komponen penting yang ada pada antena parabola. Tanpa adanya lnb, mustahil kita dapat melihat siaran tv satelit.

LNB merupakan singkatan dari Low Noise Block berfungsi untuk menangkap pantulan sinyal yang dikumpulkan oleh piringan / disk parabola. Di dalam lnb terdapat antena kecil dari kawat tembaga yang berguna untuk menangkap sinyal pantulam dari disk tersebut.

Antena kecil yang ada pada lnb terdapat dua unit untuk menangkap sinyal parabola dengan arah polaritas masing masing, sinyal dengan polaritas horisontal dan vertikal. Kedua antena tersebut terhubung langsung dengan blok rangkaian yang ada di dalam box kotak di samping badan utama lnb.

Blok rangkaian lnb berfungsi untuk mengolah dan memperkuat sinyal satelit yang ditangkap oleh antena. Jangkauan kerja pengolahan sinyal blok rangkaian lnb memiliki rentang frekuensi tertentu, sehingga lnb parabola terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan jangkauan frekuensinya :
  1. LNB C band dengan jangkauan frekuensi transponder di bawah 10000
  2. LNB Ku band dengan jangkauan frekuensi transponder diatas 10000
  3. LNB S band dengan karakteristik mirip LNB C band

Panduan Cara Pasang LNB Parabola

Jenis lnb yang banyak digunakan saat ini adalah dari type lnb C band dan Ku band. Perbedaan penggunaan jenis lnb ini biasanya didasarkan pada jenis antena parabola yang digunakan. Untuk lnb jenis C band sering digunakan pada antena besar jenis jaring / solid dengan diameter diatas 4 feet. Sementara lnb jenis Ku band banyak dipakai pada parabola mini solid.

Memasang lnb parabola C band

Lnb parabola C band mempunyai bentuk seperti silinder tabung. Pemasangan lnb C band harus dilengkapi dengan scalar ring yang berguna untuk menahan gangguan sinyal dari luar yang tidak diinginkan. Bentuk dari scalar ring berupa plat yang memiliki alur lingkaran di bagian bawahnya.

Pada bagian tengah scalar ring terdapat lubang sebagai tempat meletakkan lnb. Sementara scalar ring ini menempel pada tiang tengah penyangga lnb pada parabola. 

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika memasang lnb parabola C band :
  • Pastikan titik 0 pada bagian atas lnb mengarah ke arah barat dengan tepat. Kesalahan mengarahkan titik 0 lnb dapat berakibat sulitnya menangkap sinyal parabola.
  • Atur kedalaman lnb pada lubang scalar ring. Penentuan kedalaman lnb yang tepat dapat berguna meningkatkan intensitas sinyal satelit yang diterima.
  • Hubungkan kabel ground ke bodi antena. Kabel ground berfungsi untuk menghidarkan lnb terkena sambaran petir yang dapat merusakkan komponen  di dalam blok rangkaian lnb.
  • Pasang lnb dengan kuat agar dapat menahan hembusan angin yang kencang. Pastikan juga konektor kabel pada lnb terhubung dengnan baik.
cara pasang lnb c band


 Memasang LNB Parabola Ku band

Berbeda dengan lnb C band, lnb jenis Ku bang memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil. Lnb Ku band sering digunakan pada parabola mini untuk menangkap siaran satelit dengan jangkauan frekuensi transponder diatas 10000. 

Proses pemasangan lnb Ku band tidak terlalu sulit karena tidak membutuhkan scalar ring. Komponen peredaman sinyal yang mengganggu telah diletakkan pada bagian dalam lnb. Sehingga tidak membutuhkan lagi scalar ring tambahan..
  • Pasang lnb pada bracket lnb
  • Atur arah konektor kabel sesuai posisi satelit yang dituju. Biasanya arah konektor mengarah ke utara atau selatan. Pada beberapa lokasi arah konektor ini kadang agak serong sedikit ke arah barat daya.
  • Lekatkan bracket pada tiang penyangga lnb dengan kuat.
cara pasang lnb Ku band


Itulah penjelasan cara padang lnb parabola tunggal. Untuk memasang lnb parabola lebih dari satu mempunyai cara dan aturan sendiri. Karena kita harus menentukan jarak kerapatan antar lnb.

Posting Komentar untuk "Cara Pasang LNB Parabola Sendiri"