Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Cara Menghitung Resistor Paralel

Dengan mengetahui rumus cara menghitung resistor paralel kita bisa mengetahui besarnya tegangan dan arus listrik yang mengalir pada masing masing resistor yang terhubung secara paralel. Rangkaian paralel resistor merupakan susunan beberapa resistor yang terhubung secara berjajar sehingga masing masing dari tiap ujung terminal akan terhubung pada jalur yang sama.

Berbeda dengan konfiguarsi rangkaian resistor yangkita bahas pada materi sebelumnya, konfigurasi rangkaian resistor secara paralel akan menghasilkan aliran arus listrik yang berbeda pada tiap resistor. Hal ini dikarenakan arus memiliki percabangan aliran. Agar bisa mengetahui besarnya arus listrik pada tiap percabangan tersebut kita harus memahami rumus cara menghitung resistor paralel yang akan kita bahas pada materi berikut ini. 

Meskipun besar arus yang mengalir pada tiap resistor akan berbeda jumlahnya, namun besar tegangan yang ada pada tiap resistor akan mempunyai besar yang sama. Sehingga pada rangkaian paralel resistor besar tegangan pada masing masing reistor akan sama dengan besar tegangan inputnya.

Rumus Menghitung Resistor Paralel

Dibawah ini merupaka contoh bentuk rangkaian paralel resistor :
Rangkaian paralel resistor
Pada materi tentang rangkaian seri resistor sebelumnya kita mengetahui bahwa besar hambatan total RTotal merupakan jumlah dari nilai resistensi setiap resistor secara individu. Untuk menghitung rangkaian rsistor paralel digunakan rumus yang berbeda. Bentuk rumus untuk menghitung konfigurasi rangkaian resistor paralel adalah berikut ini :

1/RTotal = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + ......1/Rn 

Rumus diatas berlaku untuk nilai hambatan masing masing resistor berbeda. Jika dua atau lebih resistor dengan nilai hambatan yang sama maka besar nilai hambatan totalnya adalah nilai hambatan dibagi jumlah resistor yang terhubung secara paralel. Misalnya 10 buah resistor dengan nilai masing masing hambatan adalah 300Ω dan dirangkai secara paralel, maka besar hambatan totalnya adalah :

R/Rn = 300Ω / 10 = 30Ω

Dari kedua jenis rumus diatas kita bisa mengetahui bahwa besar nilai total dari rangkaian paralel resistor selalu lebih kecil dari nilai masing masing resistor.

Contoh Soal Menghitung Rangkaian Resistor Paralel

Soal 1). 
Terdapat tiga buah resistor yang dirangkai secara paralel dengan masing masing nilai hambatannya adalah : 200Ω, 470Ω dan 220Ω. Hitung berapa besar hambatan total dari rangkai tersebut ?

Jawab :
1/RTotal = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3
 
               = 1/200 + 1/470 + 1/220

               =  1/0,0117 = 85,67Ω

Cara menghitung hambatan total resistor paralel diatas umumnya berlaku pada jumlah resitor lebih dari dua buah. Namun bila resistor yang terhubung secara paralel hanya dua buah saja, metode perhitungan yang digunakan lebih mudah seperti dibawah ini :

RTotal = (R1 x R2) / (R1 + R2)

Soal 2).
Jika dua buah resistor dengan masing masing nilai hambatan 22KΩ dan 47KΩ dihubungkan secara paralel, hitung berapa besar hambatan totalnya?

Jawab :
RTotal = (R1 x R2) / (R1 + R2)

           = (22 x 47) / (22 + 47) = 14,985 KΩ

Satu hal penting yang harus diingat lagi adalah bila dua buah resistor dengan nilai yang sama dirangkai secara paralel maka nilai total hambatannya adalah setengah dari nilai hambatan kedua resistor tersebut. Contoh  misalnya dua buah resistor dengan nilai 50Ω, maka besar hambatan total nya adalah 25Ω.

Besar Arus Pada Rangkaian Paralel Resistor

Total besar arus listrik yang mengalir pada rangkaian paralel resistor adalah jumlah dari semua arus yang mengalir pada masing masing resistor. Namun besar arus yang mengalir pada tiap tiap percabangan pada rangkaian tidak selalu sama, tergantung besar nilai hambatan yang dimiliki resitor. Hal ini akan sesuai dengan kaidah hukum Ohm. Dimana arus listrik yang mengalir pada resistor besarnya adalah sebanding dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan besar hambatan resistor tersebut.

I = V / R

Contoh Soal

Bila 4 buah resistor R1, R2, R3 dan R4 dengan nilai hambatan masing masing adalah : 20 Ω, 40Ω, 15Ω dan 10Ω dirangkai secara paralel dan diberikan tegangan sebesara 60Volt, hitung besar arus yang mengalir pada masing masing resistor tersebut?

Jawab :

IR1 = 60 / 20 = 3A

IR2 = 60 / 40 = 1,5A

IR3 = 60 / 15 = 4A

IR4 = 60 / 10 = 6A

Posting Komentar untuk "Rumus Cara Menghitung Resistor Paralel"