Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung Rangkaian Seri Kapasitor

Konfigurasi rangkaian seri kapasitor adalah susunan beberapa kapasitor yang dirangkai / dihubungkan secara berurutan. Konfigurasi rangkaian kapsitor seperti ini seperti susunan rangkaian gerbong kereta api. Sehingga memiliki dua buah ujung dan beberapa sambungan antar terminal kapasitor.

Pada jenis rangkaian kapasitor seperti ini besarnya arus yang menglair pada masing masing kapasitor akan sama di semua titik karena arus hanya mempunyai satu jalur aliran saja. Sehingga :

IT = I1 = I2 = I3 ....

Setiap kapasitor dalm konfigurasi rangkaian tersebut akan menyimpan muatan listrik dengan jumlah yang sama. Hal ini karena muatan listrik yang mengisi pada setiap pelat meruipakan muatan listrik yang terlepas dari pelat terdekat yang terhubung dengannya. Sehingga besara muatan QT = Q1 = Q2 = Q3 .
Rangkaian seri kapasitor

Pada materi sebelumnya tentang rangkaian paralel kapasitor, jumlah kapasitansi total merupakan jumlah kapasitansi dari setiap kapasitor secara individu. Namun pada jenis rangkaian seri kapasitor, cara menghitung nilai kapasitansi total dari rangkaian dilakukan dengan cara yang berbeda. 

pada gambar rangkaian kapasitor seri diatas kita dapat melihat bahwa pelat sebelah kanan dari kapasitor C1 terhubung dengan pelat sebleah kiri kapasitor C2. Selanjutnya pelat sebelah kanan kapasitor C2 terhubung dengan pelat sebelah kiri kapasitor C3. Begitu seterusnya secara berantai.

Berdasarkan hukum Kirchoff, besar tegangan total dari rangkaian diatas dapat dihitung dengan rumus :

VAB = VC1 + VC2 + VC3 = 12Volt

Sementara untuk menghitung jumlah kapasitansi total adalah :

1 / CT = 1 /C1 + 1 / C2 + 1 / C3 + ......

Posting Komentar untuk "Menghitung Rangkaian Seri Kapasitor"