Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung Rangkaian Paralel Kapasitor

Rangkaian paralel kapasitor merupakan susunan beberapa kapasitor secara sejajar. Dimana masing masing dari tiap ujung terminal terhubung dalam satu jalur yang sama. Konfigurasi susunan kapasitor seperti ini akan menghasilkan nilai total kapasitansi tertentu. 

Dibawah ini merupakan contoh rangkaian kapasitor paralel yang terdiri dari 3 buah kapasitor dengan nilai masing masing kapasitansinya berbeda.
Rangkaian paralel kapasitor

Saat beberapa kapasitor dirangkaian dalam susunan paralel, besar kapasitansi total Cdari susunan kapasitor tersebut adalah jumlah total dari setiap kapasitansi kapasitor. Hal ini dikarenakan masing masing pelat logam pada kapasitor tersebut saling terhubung satu sama lain sehingga seperti membentuk piringan pelat tunggal.

Rumus untuk menghitung rangkaian paralel kapasitor adalah :

CT = C1 + C2 + C3 + ......

Ketika merankaia kapasitor dalam konfigurasi paralel agar lebih memudahkan untuk menghitung jumlah total kapasitansinya, kita harus menyamakan dulu satuan unit yang digunakan, misalnya dibuat dalam satuan yang sama μF. 

Sementara arus listrik yang mengalir pada rangkaian merupakan jumlah total dari semua arus yang memgalir pada tiap kapsitor. 

Contoh Perhitungan :

Dari gambar diatas yang terdiri dari 3 buah kapasitor yang dirangkai secara paralel, maka jumlah kapasitansi total adalah :

CT = C1 + C2 + C3 

CT = 0,1uF + 0,2uF + 0,3uF = 0,6uF

Sehingga dengan satu buah kapasitor dengan nilai 0,6uF kita bisa menggantikan 3 buah kapasitor yang terhubung secara paralel tadi. Jadi dapat disimpulkan bahwa, nilai kapasitansi total CT pada rangkaian kapasitor paralel pasti lebih besar dari nilai masing masing kapasitansi kapasitor secara individu.

Posting Komentar untuk "Menghitung Rangkaian Paralel Kapasitor"