Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Parabola LGSAT Tidak Ada Sinyal

 


Cara mudah mengatasi masalah parabola lgsat tidak ada sinyal. Saat ini banyak jenis dan merk receiver parabola yang beredar di pasaran dan bisa didapatkan dengan mudah. Salah satu merk receiver yang umum digunakan adalah lgsat.

LGSAT  merupakan salah satu dekoder atau receiver parabola yang sering digunakan untuk menerima siaran tv parabola dari k vision. Meskipun sebenarnya, receiver ini bisa juga digunakan untuk mengakses siaran tv parabola dari satelit atau provider lainnya, bukan cuma dari k vision.

Salah satu kendala yang sering ditemui oleh pengguna dekoder lgsat adalah tidak ada sinyal. Kondisi ini menyebabkan semua channel tv hilang dan tidak dapat diakses sama sekali.

Lalu bagaimana cara mengembalikan channel tv yang hilang tersebut ? Di artikel ini kita akan membahasnya.

Penyebab parabola lgsat tidak ada sinyal

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan parabola lgsat tidak ada sinyal. Karena itu kita perlu memeriksanya satu persatu sehingga ditemukan masalah utamanya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan parabola lgsat kehilangan sinyal dan channel tv.

1. LNB Parabola bermasalah

Komponen ini terletak di disk parabola. Bentuknya berbeda beda sesuai dengan jenis parabola yang digunakan. Fungsi dari lnb adalah untuk menerima sinyal yang dipantulkan oleh parabola dan mengolahnya kemudian disalurkan ke receiver parabola melalui kabel antena.

Jika komponen ini mengalami kerusakan, maka sinyal satelit tidak dapat diterima dengan baik. Akibatnya, receiver lgsat mengalami kehilangan sinyal parabola.

2. Kabel dan konektor rusak

Kabel antena berfungsi untuk menyalurkan sinyal dari lnb ke receiver. Sementara konektor berfungsi untuk menghubungkan kabel dengan receiver atau lnb.

Kondisi kabel yang lapuk dan putus dapat berakibat pada penyaluran sinyal yang tidak baik. Jika kabel tidak dapat menyalurkan sinyal dari lnb ke receiver, maka dapat menyebabkan kehilangan sinyal.

Coba cek kondisi kabel antena parabola, terutama pada bagian kabel serabut. Karena kabel ini mudah lapuk dan sering kali putus di tengah. Sebaiknya anda gunakan kabel parabola dengan kualitas terbaik agar dapat bertahan lebih lama.

Tidak jarang juga ditemui pemasangan konektor kabel yang kurang kuat. Sehingga sinyal tidak dapat tersalurkan dengan baik, bahkan tersendat.

Lepas konektor dan perhatikan apakah pemasangan kabel pada konektor cukup kuat. Kemudian pasang kembali dengan benar dan pastikan konektor terpasang dengan baik dan kuat agar tidak mudah kendur atau lepas.

3. Arah antena berubah

Akibat angin besar atau hujan deras, disk antena parabola bisa saja berubah arah. Perubahan arah antena parabola ini dapat mengakibatkan tv parabola tidak ada sinyal.

Kendala akibat arah parabola bergeser biasanya ditandai dengan indikator kualitas sinyal yang hilang, sementara indikator intensitas sinyal muncul normal.

Cobalah untuk melakukan pointing ulang untuk mendapatkan posisi arah antena yang tepat. Buka baut penyetel sudut elevasi parabola dan lakukan pergeseran disk parabola secara perlahan sampai kembali mendapatkan sinyal.

Jika sinyal sudah berhasil didapatkan, kencangkan kembali baut penyetel sudut elevasi dengan kuat.

4. Antena parabola tertutup

Setelah pemakaian yang cukup lama, tidak jarang tanpa disadari disk parabola tertutup oleh pohon atau bangunan di sekitarnya. Sehingga mengakibatkan sinyal dari satelit tidak sampai ke antena parabola. Kondisi ini bisa berakibat tv parabola mengalami kendala hilang sinyal.

Perhatikan lingkungan di sekitar antena parabola. Jika ada sesuatu yang menghalangi posisi antena parabola dengan satelit yang dituju, sebaiknya disingkirkan. Pastikan agar area di sekitar pemasangan disk parabola bebas dari penghalang.

Itulah Sedikit Penjelasan Mengenai Cara mudah mengatasi masalah parabola lgsat tidak ada sinyal. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Parabola LGSAT Tidak Ada Sinyal"