Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Satelit Telkom 4 Di Matrix Burger

Matrix burger merupakan salah satu receiver yang banyak digunakan oleh pengguna tv parabola. Tidak heran sih karena memang harga dekoder ini terbilang terjangkau namun lumayan awet. Namun sayangnya bagi yang masih awam dalam dunia tv satelit, akan kesulitan dalam mengoperasikannya. Terutama ketika mencari cara untuk menambah satelit baru seperti Telkom 4 yang baru diluncurkan tahun kemarin.

Sejak diluncurkannya satelit Telkom 4 atau satelit merah putih milik Indonesia ini, banyak stasiun tv yang bermigrasi secara bersama sama untuk menghuni frekuensi transponder milik satelit kebanggaan Indonesia ini. Bahkan hampir semua channel tv parabola yang tadinya berada di satelit Palapa D, saat ini sudah berpindah ke Telkom 4. Termasuk di dalamnya frekuensi Trans 7 dan Indosiar yang merupakan tv paling digemari oleh penikmat tayangan televisi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menambahkan satelit baru seperti Telkom 4 ke receiver matrix burger. Langkah setting yang perlu dilakukan pun tidak terlalu rumit. Namun tentu saja bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan receiver ini atau tidak sering memprogram receiver matrix burger akan sedikit bingung mencari menu programnya.

cara menambah satelit telkom 4 di matrix burger

Jadi di artikel ini saya akan menunjukkan cara memprogram receiver matrix burger untuk menambahkan satelit baru, misalnya satelit Telkom 4. Namun yang perlu diketahui oleh anda pengguna receiver sejuta umat ini, dekoder matrix dengan tipe burger hanya mampu mendukung siaran mpeg 2. Sehingga untuk channel parabola yang sudah beralih menggunakan sistem mpeg 4 seperti frekuensi tv parabola Indosiar tidak akan bisa ditangkap oleh receiver ini. 

Begini tahapan menambahkan satelit telkom 4 di matrix burger

Sebelumnya saya harap anda sudah memahami bahwa receiver matrix jenis burger in hanya bisa menangkap siaran tv parabola yang mengunakan format mpeg 2. Jadi jika ada stasiun / channel parabola yang tidak ada di daftar channel maka kemungkinan channel tersebut sudah menggunakan sistem mpeg 4.

Contoh frekuensi tv parabola yang sudah menggunakan sistem siaran mpeg 4 adalah emtek group dimana didalamnya berisi channel sctv dan indosiar. Jadi kedua tv swasta ini pasti tidak akan bisa ditangkap oleh receiver matrix burger. Untuk bisa mendapatkan frekuensi terbaru indosiar dan sctv, anda harus mengganti receiver mpeg 2 anda dengan tipe tipe terbaru dan sudah mendukung mpeg 4.

Berikut ini langkah langkah untuk menambahkan satelit telkom pada receiver matrik burger :

1. Buka menu utama

Untuk masuk ke pengaturan satelit, pertama anda buka menu utama program dengan menekan tombol menu pada remote. Selanjutnya pilih menu pengaturan program.

Menambahkan satelit telkom 4

Penjelasan fungsi beberapa menu yang ada di menu utama adalah sebagai berikut :

  • Siaran Tv : Berisi daftar siaran tv yang ada di receiver.
  • Saluran radio : Berisi saluran radio yang sudah ditangkap oleh receiver.
  • Pengaturan program : Berisi pengaturan program yang berhubungan dengan frekuensi program.
  • Informasi :  Berisi informasi yang berkaitan dengan receiver.
  • Bahasa : Settingan bahasa yang digunakan.
  • Sistem pengaturan : Berisi pengaturan sistem pada receiver.

2. Tambahkan satelit

Setelah masuk ke menu pengaturan program, pilih menu tambah satelit untuk menambahkan satelit baru di daftar satelit receiver anda.

Tambahkan satelit

Penjelasan fungsi program yang ada di menu pengaturan program adalah sebagai berikut :
  • Tambah saluran : Menambahkan channel / program siaran tv.
  • Pengaturan antena :  Berisi settingan yang berkaitan dengan frekuensi lnb dan settingan antena.
  • Tambah satelit : Menambahkan satelit baru
  • Hapus satelit : Menghapus satelit yang ada pada daftar satelit.
  • Pengaturan parameter : Berisi settingan parameter satelit dan frekuensi transponder.
  • Scan otomatis : Tombol untuk memulai scan frekuensi transponder otomatis.

3. Isi pengaturan parameter satelit

Setelah memilih menu tambah satelit, selanjutnya akan terbuka menu yang berisi pengaturan parameter satelit yang baru. Penjelasan tentang parameter yang ada pada menu ini adalah sebagai berikut :

Parameter tambah satelit

  • Satelit : Untuk memasukkan nama satelit baru, misalnya Telkom 4.
  • Garis bujur : parameter garis bujur satelit. Misalnya untuk satelit telkom 4 garis bujurnya adalah 108 E.
  • Tipe LNB : Jenis lnb yang digunakan. Biarkan default saja
  • LNB freq : Frekuensi lnb parabola. Untuk lnb jenis c band frekuensinya adalah 5150.
  • Daya LNB : Daya untuk lnb. Biarkan default saja.
  • 22 K : Aktifkan jika menggunakan switch 22 k. Jika tidak biarkan mati  / Off
  • DiSeqC : Atur jika anda menggunakan switch parabola DiseqC. Bila tidak biarkan saja mati / off. 

Tekan ok untuk menyimpan pengaturan program. Sekarang anda sudah berhasil menambahkan satelit baru ke receiver matrix burger. Langkah selanjutnya anda tinggal lakukan scan otomatis untuk mendapatkan siaran tv parabola yang ada di satelit telkom 4. Namun dengan catatan arah parabola anda sudah di pointing ke posisi satelit telkom 4. Jika belum, anda perlu melakukan repointing arah antena ke telkom 4.

Mengarahkan parabola ke telkom 4

Agar bisa mendapatkan siaran tv parabola yang ada di telkom 4, setelah menambahkan satelit telkom 4 ke receiver selanjutnya parabola anda harus diarahkan ke satelit telkom 4. Karena jika tidak, antena parabola anda tidak akan bisa terkoneksi dengan satelit ini.

Cara repointing parabola ke telkom 4 adalah berikut ini :

  1. Jika sebelumnya arah parabola anda berada di satelit palapa d, maka untuk mendapatkan posisi satelit telkom 4 anda harus menggeser arah parabola sedikit ke arah barat.
  2. Sebelum itu anda tambahkan dulu frekuensi transponder terkuat yang ada di satelit telkom 4. Kita bisa ambil frekuensi transponder milik telkomsat 3720 H 32727.
  3. Setelah memasukkan frekuensi transponder, kemudian anda bisa mulai menggerakkan parabola secara perlahan ke arah barat sedikit sambil melihat indikator kualitas sinyal.
  4. Jika ada penampakkan level sinyal pada indikator, lakukan geser parabola sehingga didapatkan level kualitas sinyal yang maksimal.
  5. Bila kualitas sudah maksimal, lakukan scan otomatis untuk mendapatkan semua frekuensi transponder yang ada di satelit telkom 4

Itulah tips cara mudah menambahkan satelit telkom 4 di receiver matrix burger. Harus diketahui agar bisa mendapatkan siaran dar telkom 4, anda harus mengarahkan parabola ke posisi satelit telkom 4. Karena tidak jarang ditemukan kasus dimana mereka sudah menambahkan satelit ke receiver matrix namun tidak bisa menangkap siaran parabola. Ternyata setelah dicek mereka belum repointing arah antena parabola mereka ke telkom 4.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Satelit Telkom 4 Di Matrix Burger"