Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dan Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang mengguanakan motor dinamo sebagai komponen utamanya. Dinamo tersebut digunakan untuk memutar pulsar dan wadah pengering pada mesin cuci. Jneis dinamo yang digunakan pada mesin cuci menggunakan komponen kapasitor yang erfungsi untuk membantu gaya putar yang dihasilkan oleh dinamo.

Kapasitor pada dinamo terletak di bagian dalam dekat dinamo mesin cuci. Pada jenis mesin cuci dengan dua tabung, terdiri dari dua buah dinamo yang digunakan untuk pencucian dan pengeringan. Sehingga membutuhkan dua buah kapasitor. Sementara pada mesin cuci otomatis yang hanya menggunakan satu unit dinamo cuma membutuhkan satu buah kapasitor untuk membantu kerja dinamo mesin.

Ini Fungsi Kapasitor Pada Dinamo Mesin Cuci

Kapasitor pada mesin cuci memiliki kegunaan yang sana dengan kapasitor kipas angin yaitu untuk membantu kumparan dinamo saat pertama kali mesin dinyalakan. Ketika kita menjalankan dinamo mesin cuci pertama kali baik dinamo cuci maupun dinamo pengering, kumparan dinamo mesin membutuhkan energi sesaat yang cukup besar agar mampu menggerakkan poros kumparan.

Fungsi kapasitor mesin cuci


Kebutuhan energi tambahan untuk kumparan tersebut dipenuhi oleh kapasitor yang terhubung dengan kumparan. Sehingga poros dinamo yang terkait dengan pulsar atau wadah pengering bisa digerakkan berputar.

Kemampuan kapasitor dalam memberikan tegangan tambahan untuk kumparan tersebut didapat dari karakteristik kapasitor yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan energi listrik yang dialirkan padanya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada jenis mesin cuci dua tabung membutuhkan dua bauh kapsitor dengan nilai yang berbeda sesuai dengan kegunaan dinamo. kapsitor untuk dinamo cuci dengan nilai kapasitansi 10μF sampai 15μF dan kapasitor untuk dinamo pengering dengan kapasitansi sekitar 2- 4μF.

Dua buah kapasitor untuk dinamo mesin cuci biasanya terbungkus dalam satu kemasan tunggal yang memiliki 4 buah kabel. Meski demikian kita bisa mengganti menggunakana kapasitor biasa yang memiliki 2 buah kabel asal nilai kapasitansinya sesuai.

Ciri Kerusakan Kapasitor Mesin Cuci

Karena pemakaian mesin cuci yang sering dan dalam waktu yang lama, tidak jarang dapat menyebabkan kerusakan pada kapasitor mesin cuci. Untuk mengetahui kerusakan terjadi pada kapasitornya kita bisa mengenali ciri cirinya sebagai berikut :
  • Terdengar suara dengung namun dinamo tidak berputar
  • Putaran dinamo lemah
  • Dinamo mesin cuci tidak bisa berputar
Sebelum memastikan kerusakan mesin cuci akibat dari kapasitor yang sudah mati, kita harus memastikan dulu poros kumparan dinamo tidak macet. Caranya adalah dengan memutar pulsar cuci atau wadah pengering mesin. Pastikan pulsa dan wadah pengering mesin cuci tidak macet dan dapat berputar dengan lancar.

Tips Mengganti Dan Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Bila kita menduga kerusakan terjadi pada mesin cuci akibat kapasitornya sudah mati,kita bisa menggantinya dengan kapasitor baru yang mempunyai nilai kapasitansi sama. Ingat bahwa kapasitor untuk dinamo cuci kapasitansinya adalah sekitar 10μF/450V. Sementara kapasitor untuk dinamo pengering adalah sekitar 3μF/450 V.

Untuk lebih akurat kita bisa memeriksa kondisi kapasitor dengan menggunakan multitester atau kapasitansimeter. Sehingga kita bisa tahu nilai kapasitansi dari kapasitor mesin cuci tersebut secara nyata.

Bila kerusakan terjadi hanya pada salah satu kapasitor saja, kita bisa menggantinya menggunakan kapasitor tunggal yang memiliki 2 buah kabel dengan kapasitansi yang sesuai. Tidak perlu harus mengganti dengan kapasitor ganda yang memiliki 4 buah kabel. Misalnya yang mengalami kerusakan kapasitor cuci dengan nilai 12μF, maka kita bisa menggantinya dengan kapasitor tunggal dua kabbel dengan nilai 12μF/450V.

Perlu diperhatikan bahwa kapasitor mesin cuci mempunyai tegangan kerja yang tinggi. Sehingga ketika mengganti kapasitor yang baru kita harus menggantinya dengan kapasitor yang memiliki tegangan kerja tinggi sekitar 450Volt.

Langkah langkah untuk memasang kapasitor mesin cuci adalah sebagai berikut :
  1. Buka tutup bagian belakang mesin cuci.
  2. Kapasitor mesin cuci terlihat berbentuk tabung silinder dengan 4 buah kabel.
  3. Jika kita mau mengganti kapasitor semuanya, maka putuskan kabel kapasitor dan lepaskan.
  4. Bila hanya salah satu kapasitor saja yang diganti, maka kabel yang diputur hanya milik kapasitor yangakan diganti saja.
  5. Pasang kapasitor yang baru dengan nilai kapasitansi dan tegangan kerja yang sesuai.
  6. Pemasangan kabel kapasitor dapat bolak balik tanpa masalah.
  7. Rapihkan dan isolasi sambungan kabel kapasitor kemudian tutup kembali

Posting Komentar untuk "Fungsi Dan Cara Memasang Kapasitor Mesin Cuci"