Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mencari Sinyal Parabola Mini Tanaka

 Artikel ini berisi panduan mudah cara mencari sinyal parabola mini tanaka. Bagi anda yang sebelumnya belum pernah memasang dan mencari sinyal parabola mini, tentunya akan sedikit bingung untuk memulainya. Karena perlu anda tahu, dalam memasang antena parabola meskipun terlihat mudah namun diperlukan pengaturan khusus. Sehingga parabola mini tanaka yang  dipasang dapat berfungsi dengan baik.

Tanaka merupakan salah satu merk produk penyedia peralatan parabola, mulai dari antena parabola, komponen pendukung parabola hingga receiver / dekoder parabola. Kualitas perangkat yang ditawarkan oleh tanaka cukup baik dengan harga yang tidak terlalu mahal. Salah satu produk andalan tanaka yang bayak dicari oleh pengguna tv satelit adalah parabola mini.

Parabola mini yang dimiliki oleh tanaka tersedia dalam bentuk yang paling kecil dengan diameter sekitar 56 cm. Produk parabola mini ini paling banyak dicari dan digunakan untuk menangkap siaran tv parabola baik dari Ninmedia maupun k vision.

cara mencari sinyal parabola mini tanaka

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencari sinyal satelit menggunakan parabola mini meskipun dengan ukuran diameter dish yang kecil. Syaratnya adalah anda harus memasang parabola dengan benar termasuk dalam proses pemasangan lnb parabola. Karena kesalahan dalam memasang parabola dan lnb nya dapat berakibat pada kesulitan ketika melacak sinyal parabola yang diinginkan.

Panduan memasang dan mengarahkan parabola yang saya tulis ini bukan cuma berlaku pada merk parabola tanaka saja, namun juga bisa digunakan pada jenis parabola ku band lainnya. Bahkan bisa juga diterapkn untuk mencari sinyal parabola yang hilang.

Memasang parabola mini itu harus benar

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kunci sukses dalam mencari sinyal parabola adalah memperhatikan pemasangan antena parabolanya dengan benar. Pemasangan parabola mini yang tepat harus memperhatikan hal hal berikut ini  :

Cari lokasi yang luas

Ketika akan memasang parabola, carilah lokasi pemasangan yang luas dimana tidak ada halangan sinyal satelit dari pohon atau bangunan. terutama perhatikan arah satelit yang akan dituju. Harus benar benar  terbebas dari penghalang meskipun hanya berupa dedaunan. Karena karakteristik sinyal ku band itu mudah sekali tertahan atau terserap oleh penghalang seperti pohon atau dinding bangunan.

Karakteristik dari sinyal ku band yang ditangkap menggunakan parabola mini itu mudah sekali tertahan atau terserap oleh penghalang seperti pohon atau dinding bangunan. Karena itu sebelum anda memasang parabola mini , pastikan dulu lokasinya yang benar benar bebas dari gangguan penghalang.

Memasang tiang parabola itu harus tegak lurus

Tiang parabola berguna untuk menopang dish parabola. Pemasangan tiang parabola harus diperhatikan agar benar benar tegak lurus dengan sudut 90°. Pemasangan tiang yang tidak lurus akan membuat sudut perputaran dish tidak konsisten. Akibatnya anda nanti akan kesulitan untuk mencari sinyal dengan kualitas yang maksimal.

Untuk menentukan sudut tiang parabola agar presisi, anda bisa gunakan alat bantu seperti waterpass atau sejenisnya. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan aplikasi waterpass android. Apilkasi ini bisa anda downlioad di google play dengan mudah asalkan perangkat hp anda sudah mendukung sensor accelerometer.

cara mencari sinyal parabola mini tanaka

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan ketika memasang tiang parabola adalah anda harus meletakkan tiang pada tempatnya dengan  kuat. Jika anda meletakkan tiang parabola di dinding, pastikan tiang bisa menempel dengan kuat pada dinding tersebut.

Tiang yang kurang kokoh dapat berakibat pada kestabilan sinyal parabola. Karena sinyal yang tidak terpasang dengan kuat akan membuat dish parabola mudah goyang dan berubah arahnya. Sehingga penangkapan sinyal akan terganggu yang berdampak pada tampilan gambar siaran yang macet atau berhenti.

Mencari sinyal parabola mini tanaka

Setelah memasang tiang parabola dengan benar, berikutnya anda bisa mulai merakit dish parabola dan memasang lnb nya. Kemudian letakkan dish parabola pada tiang. Pastikan dish dapat bergerak naik turun dan berputar kiri kanan dengan mudah. Jadi anda tidak boleh langsung mengencangkan baut pengatur elevasi dish.

Sebelumnya kita tentukan dulu satelit apa yang akan kita tuju. Misalnya kita akan melock satelit measat 3a yang memiliki channel k vision. Jika sudah ditentukan satelit yang hendak dituju, langkah berikutnya adalah mengatur settingan pada dekoder parabola.

Setting receiver dulu

Cara setting untuk mendapatkan frekuensi k vision caranya sebagai berikut :

  • Buka menu program untuk menambahkan satelit.
  • Tambahkan satelit measat 3a jika belum ada.
  • Isi parameter satelit dengan nama satelit measat 3a dan koordinatnya adalah 92.4 E
  • Pilih satelit measat 3a kemudian tambah transponder
  • Masukkan frekuensi transponder k vision  12436 H 31000
  • Setting pengaturan antena dengan mengubah frekuensi lnb menjadi universal 
  • Simpan pengaturan

Cara mengarahkan parabola mini

Sebelum memulai mengarahkan arah dish antena parabola mini tanaka anda, atur dulu posisi konektor lnb ke arah serong ke utara. Selanjutnya arahkan dish parabola mini tepat ke arah barat . Kemudian angkat perlahan lahan dish ke atas sambil melihat indikator kualitas sinyal.

Jika terlihat ada penampakan sinyal indikator kualitas, berarti dish sudah bisa menangkap frekuensi transponder measat 3a. Atur posisi dish dan lnb agar bisa menangkap sinyal dengan maksimal. Usahakan agar level indikator kualitas sinyal diatas 65%.

Jika sinyal sudah maksimal, lanjutkan dengan cara menscan transponder untuk mendapatkan channel yang ada di transponder tersebut. Bila sudah berhasil mendapatkan siaran channel, anda tinggal simpan saja.

Itulah tahapan panduan cara mencari sinyal parabola mini tanaka yang bisa anda praktekkan. Caranya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mencari Sinyal Parabola Mini Tanaka"